Mengubah kebiasaan adalah hal yang paling sulit untuk dilakukan. Mengubah kebiasaan sama saja seperti keluar dari zona nyaman. Part ini membahas mengenai rintangan apa saja yang akan kalian hadapi ketika menjalani perubahan tersebut, dalam konteks ini adalah belajar bahasa inggris atau IELTS, serta strategi khusus yang harus dilakukan.
11.9 Jadwal dan Strategi IELTS
Semua materi dan penjelasan tentang skill pronunciation, listening, reading, writing, dan speaking telah dijelaskan di subbab2 sebelumnya. Sekarang adalah waktunya untuk kita meracik keseluruhan kegiatan dalam waktu 1 hari, kenapa 1 hari? Kalian dapat melihat argumen ini pada bagian 10.1 Eksperimen-Eksperimen yang gagal.
Berikut ini adalah jadwal kegiatannya:
Total Waktu (1 hari) | Kegiatan | Referensi |
---|---|---|
2 Jam | Belajar materi IELTS di Anki | Produk Materi IELTS BluePsi |
Belajar Shadowing American/British Accent | Referensi ada di Tabel metode Shadowing | |
1 Jam | Latihan soal IELTS Listening + Pengoreksian + Evaluasi kelemahan | IELTS Academic 1-17 (total ada 17 buku dan audio) ieltsonlinetests.com |
1.5 Jam | Latihan soal IELTS Reading + Pengoreksian + Evaluasi kelemahan | |
1.5 Jam | Latihan soal IELTS Writing + Pengoreksian + Evaluasi kelemahan | |
1 Jam | Latihan soal IELTS Speaking + Pengoreksian + Evaluasi kelemahan | |
Sisa waktu | Mempelajari skill pronunciation, listening, reading, writing, dan speaking, dengan pembagian waktu yang proporsional antar skill | Sub bab 11.4–11.8 |
Dapat dilihat bahwa waktu wajib kegiatan kalian adalah 7 jam dalam 1 hari, kalau sudah selesai kalian bisa memanfaatkan waktu yang tersisa dalam hari itu untuk meningkatkan skill yang lain. Bagaimana kalau kalian tidak punya waktu sebanyak itu (7 jam dalam 1 hari)? Kalian bisa memecahnya menjadi 2 atau 3 hari. Namun, semakin panjang jedanya maka semakin kurang efektif belajarnya. Alasan kenapa harus mempelajari semua skill tersebut dalam 1 hari sudah saya jelaskan di bagian 10.1 Eksperimen-Eksperimen yang gagal.
Apabila jadwal tersebut mau kalian pecah menjadi 2 hari, maka usahakan proporsi kegiatan meningkatkan skill lain (diluar kegiatan 7 Jam) seperti pronunciation, listening, reading, writing, dan speaking, harus dilakukan dengan proporsi yang sama setiap hari. Seperti bermain Fondi (melatih pronunciation, listening, speaking), kemudian diimbangi dengan melakukan aktivitas lain seperti membaca dan menulis komentar di sosial media (dalam bahasa inggris tentunya).
Cepat lambatnya peningkatan skill bahasa inggris kalian tergantung dari seberapa besar kerja keras dan dedikasi kalian untuk mempelajari itu. Mungkin saya membutuhkan waktu 10 bulan untuk bisa menaklukkan IELTS (dengan simulasi tes score IELTS awal, L: 4.0, R: 4.5, W: 4.0, S: 4.5, dan overall score: 4.5), dengan 6 bulan menyusun materi bahasa inggris dan mencari metode yang efektif dan 4 bulan belajar konsisten sesuai jadwal. Namun, sangatlah mungkin kalian bisa lebih cepat dari itu dan dengan hasil yang lebih memuaskan.
Sekarang kita masuk ke strategi pengerjaan ke 4 skill yang diuji di IELTS, strategi-strategi tersebut dapat kalian lihat di bawah ini:
No. | Strategi pengerjaan IELTS Listening |
---|---|
1 | IELTS CDT: Cek headset sebelum memulai dan atur volumenya |
2 | Jawab dengan HURUF BESAR (CAPITAL LETTER) semua |
3 | Lihat sekilas seluruh soal (1-40), agar mendapatkan bayangan tipe soal |
4 | Gunakan jeda 30 detik antar part untuk membaca part selanjutnya, langsung baca seluruh 10 soal pada part selanjutnya |
5 | Jangan overthinking pada jawaban yang ragu, langsung lanjut ke soal selanjutnya karena perpindahan ke soal selanjutnya sangat cepat. Jangan sampai jawaban satu soal yang ragu mengganggu konsentrasi ke soal-soal lainnya |
6 | Highlighting/Tandai kata kunci penting di komputer (CDT) / kertas (PBT) |
7 | Selalu fokus dengan kata kunci yang dibicarakan, sebab kata kunci biasanya selalu diparaphrase |
8 | Hati-hati terhadap plurals |
9 | Hati-hati terhadap pernyataan jebakan (kata yang persis disebut di soal bukan berarti jawabannya) |
10 | Hati-hati terhadap nada naik turun, jawaban tidak selalu muncul ketika speaker melakukan penekanan atau nada naik |
11 | Perhatikan grammar ketika menulis jawaban |
12 | Perhatikan jumlah maksimum kata ketika menulis jawaban |
Contoh one word: Cats, up-to-date, Can't (contraction "Can't" dan contraction lainnya, meskipun terhitung 1 kata tetapi dianggap sebagai jawaban yang tidak dapat diterima pada IELTS listening) | |
Contoh one number: 55, 9.30am, 30,000, 55%, $19.17, 1960's | |
no more than one word and/or a number: 16th June, 3 books, 6.11.12, $450.50, eighty-five | |
13 | Penulisan waktu yang benar: 10AM, 8AM |
Penulisan waktu yang salah: 10, 08AM | |
Berbagai macam penulisan waktu yang benar: 9AM, 9am, 9:00AM, 9.00AM, 9.00am | |
14 | Penulisan tanggal yang benar: 25th march, 25 march |
Penulisan tanggal yang salah: 25th of march, 25 of march | |
15 | Saat bertemu soal "Fill in the blanks / Mengisi titik-titik", ketik/tulis kemungkinan jawabannya terlebih dahulu, agar tidak lupa |
Saat bertemu soal "Multiple Choice / Pilihan ganda", seleksi langsung jawaban-jawaban yang salah, karena ada kemungkinan seluruh pilihan disebutkan oleh speaker. Oleh karena itu, kita harus memperkecil kemungkinan pilihan untuk mencari jawaban yang benar |
No. | Strategi pengerjaan IELTS Reading |
---|---|
1 | Jawab dengan HURUF BESAR (CAPITAL LETTER) semua |
2 | Lihat sekilas seluruh soal (1-40), agar mendapatkan bayangan tipe soal |
3 | Jangan overthinking pada jawaban yang ragu, langsung lanjut ke soal selanjutnya karena perpindahan ke soal selanjutnya sangat cepat. Jangan sampai jawaban satu soal yang ragu mengganggu konsentrasi ke soal-soal lainnya |
4 | Highlighting/Tandai kata kunci penting di komputer (CDT) / kertas (PBT) |
5 | Selalu fokus dengan kata kunci, sebab kata kunci biasanya selalu diparaphrase |
6 | Kata kunci yang ditanya di soal pasti ada di passage |
7 | Perhatikan jumlah maksimum kata ketika menulis jawaban |
Contoh one word: Cats, up-to-date, Can't (contraction "Can't" dan contraction lainnya, meskipun terhitung 1 kata tetapi dianggap sebagai jawaban yang tidak dapat diterima pada IELTS listening) | |
Contoh one number: 55, 9.30am, 30,000, 55%, $19.17, 1960's | |
no more than one word and/or a number: 16th June, 3 books, 6.11.12, $450.50, eighty-five | |
8 | Model soal "Yes, No, Not Given" berbeda dengan "True, False, Not given" |
Yes, No, Not Given: opini penulis | |
True, False, Not Given: fakta | |
9 | Saat bertemu soal "Matching headings / Mencocokkan judul", ide pokok tidak selalu berada di depan atau belakang paragraf, tetapi bisa dimana saja |
Jika dalam satu paragraf terlihat seperti ada 2 ide pokok, maka pilih ide pokok yang paling banyak dipermasalahkan dalam paragraf tersebut |
No. | Strategi pengerjaan IELTS Writing |
---|---|
1 | Tulis dengan bahasa formal |
2 | Jangan menulis dibawah 150 kata untuk task I atau 250 kata untuk task II, karena akan terkena penalti (pengurangan score) |
3 | Jangan sampai lebih dari 20 menit untuk task I, karena akan berpengaruh ke performa pengerjaan task II. Ingat, Task 2 bobot nilainya dua kali lebih besar daripada Task 1 dan jauh lebih sulit |
4 | Longkap 1 enter/baris untuk paragraf baru (CDT/PBT), jangan di-indent (paragraf yang menjorok ke dalam) |
5 | Jangan sampai salah menjawab pertanyaan |
6 | Paraphrase informasi/pernyataan di Task I dan II |
7 | Usahakan analisa antara kalimat variatif, tidak mengulang-ngulang |
Writing Task I | |
8 | Tulis 170-190 kata |
Introduction: sekitar 25 kata Overview: sekitar 50 kata Body Paragraph A: sekitar 50 kata Body Paragraph B: sekitar 50 kata | |
Introduction: kurang dari 25 kata Overview: kurang dari 25 kata Body Paragraph A: sekitar 50 kata Body Paragraph B: sekitar 50 kata Body Paragraph C: sekitar 50 kata | |
9 | Maksimal 20 menit |
Introduction dan Overview: 8 menit Body Paragraph A, B, C: 10 menit Cek Grammar: 2 menit | |
Writing Task II | |
10 | Analisis, apakah essay membutuhkan opini kita atau tidak |
Jika essay tidak membutuhkan opini kita maka jangan menulis opini kita dan jangan juga menulis phrase-phrase seperti ini: "In my opinion", "I think", "I believe", dan yang lainnya | |
Pertanyaan essay yang mewajibkan kita memberikan opini:
| |
Contoh-contoh pertanyaan essay yang mewajibkan kita memberikan opini:
| |
Contoh-contoh pertanyaan essay yang tidak mewajibkan kita memberikan opini:
| |
11 | Tulis posisi yang jelas misal ditanya pertanyaan "agree or disagree?" |
12 | Tulis 270-290 kata |
Introduction: sekitar 50 kata Body Paragraph A: sekitar 100 kata Body Paragraph B: sekitar 100 kata Conclusion: sekitar 25 kata | |
Introduction: sekitar 25 kata Body Paragraph A: sekitar 75 kata Body Paragraph B: sekitar 75 kata Body Paragraph B: sekitar 75 kata Conclusion: sekitar 25 kata | |
13 | Maksimal 40 menit |
Introduction: 10 menit Body Paragraph A, B, C: 20 menit Conclusion: 5 menit Cek grammar: 5 menit |
No. | Strategi pengerjaan IELTS Speaking |
---|---|
1 | Gunakan bahasa informal atau sehari-hari agar mendapat score yang tinggi |
2 | Bicara yang jelas, dan tanpa pause/stuck/hesitation/self-correction |
3 | Gunakan accent yang telah kamu pelajari, jangan takut |
4 | Gunakan english pronunciation, misal untuk menyebut kata "jakarta", kata ini harus dibaca "jekarteh / ʤəˈkɑːtə /" |
5 | Jawab pertanyaan langsung, jangan mengulangi pertanyaan |
6 | Part III: jika tidak tahu jawaban yang ditanyakan, kalian bisa berbohong atau mengucapkan sejujurnya seperti: "Oh, well, that's a good question, and to be honest I don't know too much about it, but you know, my brother studied genetic engineering at university and he thinks it's a really popular field, it's gonna become all the rage in the future, which is the reason why he studied it, so it's not really my cup of tea, but he knows a lot about it." Apapun itu, intinya lebih baik banyak berbicara |
Speaking Part 1 | |
7 | jawab 2-3 kalimat |
8 | structure: jawab pertanyaan + Informasi tambahan (seperti contoh atau pendeskripsian) |
Speaking Part 2 | |
9 | bicara sampai waktu habis |
10 | structure: kalimat pembuka jawab pertanyaan 1 + informasi tambahan jawab pertanyaan 2 + informasi tambahan jawab pertanyaan 3 + informasi tambahan |
Speaking Part 3 | |
11 | jawab yang panjang sampai distop oleh penguji |
12 | structure: argumen pembuka kalimat pendukung argumen + informasi tambahan |
Dapat dilihat pada tabel-tabel di atas bahwa strategi writing adalah strategi yang paling rumit. Hal ini disebabkan karena kita dituntut untuk menjawab pertanyaan yang cukup sulit dan merangkai struktur kalimat yang bagus, yang diharapkan bisa beresonansi antar kalimat dan paragraf.
Memang tidak terlihat sulit apabila kita disuruh menuliskannya dengan waktu yang panjang, masalahnya waktu tes writing ini benar-benar mepet, sehingga tekanannya jauh lebih besar. Oleh karena itu, model struktur/vocab/phrase yang bernilai tinggi pada tes writing harus meresap menjadi kebiasaan kita sehari-hari dalam penulisan bahasa inggris.
11.10 Habits and How To Immerse Yourself in English at Home
Lingkungan sekitar adalah faktor utama dalam mempengaruhi kemampuan bahasa inggris. Hal yang terbentuk di lingkungan sekitar kita akan membentuk kebiasaan (habits) sehari-hari. Kalau bahasa inggris belum menyatu dengan kehidupan sehari-hari, maka proses peningkatannya pun tentu akan menjadi sulit.
Pada bagian ini kita akan kupas tuntas mengenai cara menenggelamkan diri (immerse ourselves) dalam lingkungan bahasa inggris, dalam upaya untuk membentuk kebiasaan (habits) belajar bahasa inggris.
Mengubah setelan bahasa di handphone menjadi bahasa inggris
Hal ini sangat penting untuk dilakukan, karena biasanya kita selalu terpapar berjam-jam menggunakan handphone.
Memfollow akun-akun berkonten bahasa inggris di sosial media
Biasakan mengikuti content creator luar negeri untuk meningkatkan bahasa inggrismu. Memang terasa membosankan, karena konten-kontennya kurang begitu relevan atau berhubungan dengan lingkungan sekitar kita. Namun, mau tidak mau kita harus membagi waktu kita untuk menjelajah ke konten-konten luar negeri. Atau, kita bisa membaca berita dalam negeri versi bahasa inggrisnya, seperti membaca berita di "The Jakarta Post".
Cara agar FYP (For Your Page) TikTok menjadi konten luar negeri
- Download Tiktok
- Buka tiktok → profile → klik 3 garis pojok kanan atas → settings and privacy → language → ubah "app language", "preferred languages", dan "translation language" menjadi "English"
- Download Super VPN. Kemudian pilih koneksi negara tujuan, misal UK atau US
- Matikan (Disabled) Sim Card
- Selesai. FYP tiktok kalian akan terisi oleh content creator dari negara tujuan
Melakukan komunikasi dengan teman menggunakan bahasa inggris
Komunikasi ini bisa melalui sosial media atau bertemu langsung. Carilah teman-teman yang suportif dan memiliki tujuan yang sama, yaitu ingin meningkatkan kemampuan bahasa inggris.
Berpikir, Berbicara ke diri sendiri, atau Berbicara dalam hati menggunakan bahasa inggris
Awalnya melakukan ini sulit, karena paparan dari konten-konten yang disajikan atau lingkungan sekitar berbahasa indonesia semua. Jadikan default bahasa kita menjadi bahasa inggris, gunakan bahasa indonesia hanya pada kondisi terdesak saja.
11.11 Masalah-Masalah yang Akan Dihadapi
Mengubah lingkungan sekitar menjadi supportive memanglah sulit, apalagi berhubungan dengan kebiasaan yang sudah dilakukan bertahun-tahun. Pada bab ini kita akan bahas masalah-masalah umum yang akan kalian hadapi sepanjang perjalanan belajar bahasa inggris atau IELTS.
Distraksi atau Gangguan
Misalnya, seperti tergoda menghabiskan banyak waktu untuk mengulik konten-konten bahasa indonesia di sosial media, peralatan/lingkungan belajar yang tidak support (ruangan panas, internet/laptop lemot, keluarga yang gaduh/berisik, dan lain-lain), ada urgensi lain, mengantuk ketika belajar, dan lain-lain. Untuk mengatasi mengantuk, biasanya saya selalu minum kopi di pagi dan sore hari.
Time management
Mengatur dan menjaga waktu belajar/aktivitas agar selalu konsisten setiap hari adalah masalah utama semua orang sampai detik ini.
Merasa tidak mengalami peningkatan skill
Apabila hal ini terjadi, berarti ada yang salah dengan cara belajarmu, atau dengan kata lain metode tersebut kurang efektif atau cocok untukmu. Tapi perlu diingat juga, proses peningkatan skill ini tidak dapat terlihat hanya dalam hitungan hari saja.
Kesulitan mengubah habits
Ini berkaitan dengan motivasi dan seberapa besar tekadmu dalam belajar bahasa inggris. Diperlukan juga dukungan dari lingkungan sekitar, seperti dari teman dan keluarga.