Strategi Belajar IELTS Otodidak untuk Pemula (Part 4)

Belajar dari kesalahan orang lain adalah metode terbaik untuk belajar, karena variabel waktu membatasi kita untuk mempelajari segala hal. Kesalahan ini muncul dari adanya suatu masalah. Masalah dan solusi dalam belajar bahasa inggris atau IELTS sekarang sudah dimengerti. Namun, bagaimana dengan sumber dayanya?

Part 1
Part 2
Part 3

12. Penawaran Produk Materi Belajar Bahasa Inggris BluePsi

Proses pencarian metode paling efektif untuk belajar bahasa inggris itu akhirnya yang membawa saya pada penemuan metode penyusunan materi bahasa inggris, yang saya sebut sebagai EHP (Easy-to-Hard Principle). Informasi detail mengenai metode ini sudah saya jelaskan pada bagian 11. Penyusunan Materi Bahasa Inggris (EHP / Easy-to-Hard Principle).

Dalam eksperimen yang panjang selama 6 bulan itu juga saya dapat bertemu dengan aplikasi Anki Flashcards. Aplikasi ini menjawab pertanyaan yang cukup menghantui saya pada saat itu, yaitu tentang bagaimana supaya materi yang telah saya susun sedemikian rupa dan banyak ini bisa terus melekat di kepala saya alias sulit untuk dilupakan.

Singkat cerita, akhirnya saya mengkoneksikan materi yang saya sudah susun di ms excel dengan aplikasi anki. Ms excel untuk belajar materi terstruktur dan Anki untuk mereview materi.

Setelah saya mendapatkan score IELTS yang memuaskan (setidaknya menurut saya pribadi, karena kemampuan bahasa inggris saya di awal adalah nol besar), akhirnya saya memutuskan untuk menawarkan produk materi bahasa inggris terstruktur yang telah saya buat di ms excel dan review materinya di Anki.

Produk ini dibuat melalui proses eksperimen atau trial-error yang panjang, pemodelan yang melelahkan, hingga tercapai kesimpulan akhir. Berdasarkan latar belakang inilah saya membuat produk materi IELTS berbayar, namun dengan harga yang terjangkau.

Produk materi IELTS ini saya beri nama BluePsi.

Penjelasan detail mengenai produk ini dapat kalian baca pada subbab-subbab berikutnya.

12.1 Isi produk BluePsi

Informasi selengkapnya dapat dilihat di: Produk Materi IELTS BluePsi

Isi produk BluePsi:

  • Materi bahasa inggris atau IELTS dalam bentuk File Excel dan Anki yang dapat didownload ke komputer/handphone kalian
  • File Anki dan Excel akan diperbarui 6 bulan sekali (Januari dan Juli), kalian cukup hanya membayar satu kali pada pembelian pertama dan sudah berhak mendapatkan update gratis file tersebut seumur hidup
Isi File Excel
UNDER CONSTRUCTION
Isi File Anki
UNDER CONSTRUCTION

12.2 Sampel File Excel + Anki

12.3 Fitur dan Kelebihan lainnya

Berikut ini adalah fitur-fitur dan kelebihan yang akan kalian dapatkan ketika membeli produk BluePsi:

  • Materi bahasa inggris atau IELTS terorganisir rapi di Ms Excel dan Anki
  • Materi bahasa inggris atau IELTS didesain sedemikian rupa sehingga dapat dengan mudah menguasai skill pronunciation, listening, reading, writing, dan speaking
  • Semua Codingan sudah dimasukkan ke dalam Cards Anki
  • Materi yang sudah dipelajari tidak akan mudah dilupakan menggunakan Anki
  • Dapat belajar dimanapun menggunakan Anki, karena terdapat versi pc dan mobile dari aplikasi Anki
  • Dapat review dan scanning materi dengan cepat menggunakan File Excel
  • Terdapat ratusan soal latihan untuk writing dan speaking di Anki
  • Codingan untuk latihan sendiri writing dan speaking di Anki
  • Terdapat pembedahan struktur writing task I dan II, seperti paragraph structure, signposts, phrases, advanced vocabularies, etc.
  • Terdapat banyak signposts, phrases, advanced vocabularies, idioms, fillers, etc. untuk speaking

12.4 Harga

Rp 100.000
via bank Mandiri atau Dana

Prosedur dan keterangan pembelian lebih lanjut dapat dilihat di Produk Materi IELTS BluePsi.

13. Resources penting untuk belajar IELTS

IELTS Simulation

  1. Tips dan Trik IELTS: The Official Cambridge Guide to IELTS
  2. Latihan soal IELTS: IELTS Academic 1-17 (total ada 17 buku dan audio)
  3. ieltsonlinetests.com
  4. ielts.idp.com

Best English Teachers

  1. Liz – ieltsliz.com
  2. Simon – ielts-simon.com
  3. Mike – ieltsanswers.com
  4. John – SpeakBritishEnglish
  5. Keith – English Speaking Success
  6. Evan – Ubc VISIBLE SPEECH

File Excel dan Anki untuk materi IELTS

  1. psi – Produk Materi IELTS BluePsi

14. FAQ (Frequently Asked Question) tentang IELTS

Test Information

  1. Bagaimana bila saya merasa gagal setelah melakukan ujian IELTS sebelum TRF / Sertifikat saya keluar dan ingin melakukan ujian IELTS lagi seminggu kemudian?
    Jawaban: Itu bisa dilakukan. Tes IELTS boleh dilakukan berulang kali dan kapapun itu, asalkan kamu mempunyai uang untuk membayar tes IELTS lagi.
  2. Berapa lama sertifikat / TRF (Test Report Form) IELTS saya valid?
    Jawaban: 2 tahun.
  3. Jika saya mengambil tes IELTS dua kali, hasil mana yang akan saya gunakan?
    Jawaban: Tentunya hasil score yang tertinggi, dan jangan lupa pastikan sertifikat / TRF tersebut masih valid (masih kurang dari 2 tahun).

Listening

  1. Apakah boleh menulis semua jawaban dengan huruf kapital semua pada tes Listening? Apakah ada pengurangan skor?
    Jawaban: Boleh. Tidak ada pengurangan skor.

Reading

  1. Apakah boleh menulis semua jawaban dengan huruf kapital semua pada tes Reading? Apakah ada pengurangan skor?
    Jawaban: Boleh. Tidak ada pengurangan skor.

Writing

  1. Apakah boleh menulis semua jawaban dengan huruf kapital semua pada tes Writing? Apakah ada pengurangan skor?
    Jawaban: Boleh. Tidak ada pengurangan skor. Namun, untuk kasus IELTS PBT (Paper-Based Test) lebih baik tidak menggunakan huruf kapital semua, karena bisa menyebabkan penguji kesulitan membaca tulisan tangan kita. Sedangkan untuk kasus IELTS CDT (Computer-Delivered test), bebas-bebas saja menggunakan huruf kapital semua. Tetapi saya sarankan lebih baik tidak menggunakan huruf kapital semua di test Writing, takutnya ada pertimbangan lain yang mempengaruhi skor kalian (meskipun sejauh ini belum ada). Saya belum pernah menemukan orang yang menuliskan huruf kapital semua di bagian tes writing. Saya pun tidak menulis dengan huruf kapital semua pada tes writing, kecuali untuk tes listening dan reading.

Speaking

  1. Apakah body language dinilai ketika melakukan tes speaking?
    Jawaban: Tidak. Penguji hanya menilai kemampuan bahasa inggris kamu.
Creative License
by-sa logo license
Konten/Material pada halaman ini dilisensikan dengan Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License oleh psi. Klik link berikut untuk memahami aturan penggunaan ulang material pada blog Hipolisis.