Belajar bahasa inggris atau IELTS adalah perjalanan panjang, dari memahami kesalahan hingga mengubah kebiasaan. Artikel ini hadir untuk mengupas tuntas topik tersebut.
Sebagai gambaran, artikel ini cukup panjang, memuat hal yang umum hingga spesifik. Sehingga loading halaman yang terlalu lama menjadi masalah utama. Akhirnya, artikel ini harus dibagi menjadi beberapa part. Silahkan klik link-link berikut ini untuk mengakses part-part selanjutnya,
Apakah kopimu masih hangat? Mari kita mulai perjalanan ini!
- 1. Apa itu IELTS?
- 2. Gambaran Umum Tipe Soal IELTS Academic
- 3. Gambaran Spesifik Tipe Soal IELTS Academic
- 4. Range Score dan Kriteria Penilaian IELTS Academic
- 5. Perhitungan Band Score IELTS
- 6. Cara Daftar IELTS
- 7. Perbedaan IELTS CDT dan PBT
- 8. Perbedaan IELTS Speaking: video call at the test centre dan in-person
- 9. Hari-H IELTS
Disclaimer:
- IELTS yang saya bahas disini adalah IELTS Academic, bukan IELTS General Training
- Ini adalah cara/trik/rekomendasi berdasarkan pengalaman pribadi, berhasil atau tidaknya tergantung dari diri kamu sendiri
1. Apa itu IELTS?
IELTS adalah kepanjangan dari International English Language Testing System. Sesuai namanya, tes ini digunakan untuk menguji kemampuan bahasa inggris yang kita miliki. Biasanya orang-orang yang mengambil tes ini memiliki tujuan untuk sekolah atau kerja di luar negeri. Harga tes IELTS adalah sebesar Rp 3.000.000 (tiga juta rupiah) per desember tahun 2022, harga pada tahun-tahun sebelumnya sekitar 2,9 juta rupiah.
IELTS menguji 4 level kemampuan bahasa inggris yang kita miliki, yaitu listening, reading, writing, dan speaking. IELTS PBT (Paper-Based Test) / CDT (Computer-Delivered Test) dan TOEFL IBT (Internet-Based Test) memiliki tipe ujian dan harga yang sama, kecuali TOEFL PBT, yang hanya menguji 3 level kemampuan bahasa inggris saja, yaitu listening, reading, dan writing, dengan harga sekitar Rp 500.000 (lima ratus ribu rupiah).
Berdasarkan kepentingannya, IELTS terbagi menjadi 2 jenis, yaitu IELTS Academic dan General Training (GT). Hasil dari IELTS Academic biasa digunakan sebagai syarat kuliah / kursus (short course) di luar negeri, oleh sebab itu tes ini memuat seputar masalah-masalah yang ada di lingkungan akademik. Sedangkan hasil dari IELTS GT biasa digunakan sebagai syarat bekerja atau tinggal di negara berbahasa inggris, sehingga tes ini memuat seputar masalah-masalah yang ada di lingkungan sosial.
Artikel ini hanya memuat informasi-informasi seputar IELTS Academic saja, karena saya hanya memiliki pengalaman di tes ini.
2. Gambaran Umum Tipe Soal IELTS Academic
source: The Official Cambridge Guide to IELTS for Academic & General Training with Answers
Urutan Tes | ||
---|---|---|
1. Listening (40 soal, 30 menit) | ||
Part I | 10 pertanyaan | topik tentang kebutuhan-kebutuhan sosial |
percakapan antara 2 orang | ||
Part II | 10 pertanyaan | |
monolog (1 orang) | ||
Part III | 10 pertanyaan | topik tentang akademik / pendidikan |
percakapan hingga 4 orang | ||
Part IV | 10 pertanyaan | |
monolog (1 orang) | ||
untuk IELTS CDT | tambahan 2 menit di akhir | untuk mereview seluruh jawaban |
untuk IELTS PBT | tambahan 10 menit di akhir | untuk memindahkan jawaban ke lembar jawaban |
2. Reading (40 soal, 60 menit) | ||
Passage 1 | 13/14 pertanyaan | rekomendasi: selesaikan selama 15 menit |
Passage 2 | 13/14 pertanyaan | rekomendasi: selesaikan selama 20 menit |
Passage 3 | 13/14 pertanyaan | rekomendasi: selesaikan selama 25 menit |
waktu rekomendasi tersebut adalah preferensi saya, karena tingkat kesulitan passage I > passage II > passage III. Namun, petunjuk IELTS menyarankan setiap passage diselesaikan selama 20 menit | ||
3. Writing (2 task, 60 menit) [Jawab dengan bahasa Formal] | ||
Task 1 | harus menulis di atas 150 kata | rekomendasi: tulis sebanyak 170-190 kata dan selesaikan dalam 20 menit |
Task 2 | harus menulis di atas 250 kata | rekomendasi: tulis sebanyak 270-290 kata dan selesaikan dalam 40 menit |
Task 2 bobot nilainya dua kali lebih besar daripada Task 1 dan jauh lebih sulit | ||
4. Speaking (3 part, 11-14 menit) [Jawab dengan bahasa Informal] | ||
Part I | 4-5 menit | rekomendasi: jawab 2-3 kalimat |
Part II | Menulis ide selama 1 menit | rekomendasi: bicara sampai waktu habis |
Berbicara 1-2 menit | ||
Penguji biasanya bertanya 1-2 pertanyaan terkait topik / cue card yang diberikan | rekomendasi: jawab 2-3 kalimat | |
Part III | 4-5 menit | rekomendasi: jawab yang panjang sampai distop oleh penguji |
Diskusi tentang topik yang lebih abstrak yang biasanya berhubungan dengan topik / cue card yang diberikan pada part II |
3. Gambaran Spesifik Tipe Soal IELTS Academic
source: The Official Cambridge Guide to IELTS for Academic & General Training with Answers
Listening | ||
1 | notes / summary / table / flow-chart completion | complete notes / a summary / table / flow-chart with a suitable word or words within the word limit given |
2 | multiple choice | choose one answer from alternatives A-C |
choose two answers from alternatives A-E | ||
3 | short-answer questions | answer questions in the word limit given |
4 | sentence completion | complete a sentence with a suitable word or words within the word limit given |
5 | labelling a diagram, plan, or map | label a diagram/plan or map with a suitable word (or words) or by choosing from a box of possible answers |
6 | classification | classify the information given in the question according to three different criteria (A, B or C). These may be dates, names, types, etc. |
7 | matching | match a list of statements to a list of possible answers in a box (e.g. people, theories or dates) |
Reading | ||
1 | multiple choice | choose one answer from alternatives A-D |
choose two answers from alternatives A-E | ||
choose three answers from alternatives A-G | ||
2 | identifying information (T/F/NG) | say whether a statement is True, False, or Not Given |
3 | identifying the writer's views/claims (Y/N/NG) | say whether a statement agrees with claims or views (Yes), disagrees with the views/claims (No) or whether there is no information on this (Not Given) |
4 | matching information | match information to a paragraph in the text |
5 | matching headings | match a heading from a list of possible answers to the correct paragraph or section of the text |
6 | matching features | match a list of statements to a list of possible answers in a box (e.g. specific people or theories or dates) |
7 | matching sentence endings | complete a sentence by choosing a suitable ending from a box of possible answers |
8 | sentence completion | complete a sentence with a suitable word or words from the text within the word limit given |
9 | notes / summary / table / flow-chart completion | complete notes / a summary / a table / flow-chart with a suitable word (or words) from a text |
10 | labelling a diagram | label a diagram with a suitable word (or words) from the text or from a box of possible answers |
11 | short-answer questions | answer questions using words from the text |
Writing Task I | |
1 | Bar chart |
2 | Pie chart |
3 | Map |
4 | Line Graph |
5 | Table |
6 | Process diagram |
7 | Combination |
Writing Task II | |
1 | Agree / Disagree |
2 | To what extent do you agree / disagree |
3 | Advantage / Disadvantage |
4 | Cause-Solutions |
5 | Direct Questions |
6 | Both Sides |
Speaking | |
Part 1 | questions on familiar topics (e.g. hobbies, likes and dislikes, etc.) |
Part 2 | you will be given a booklet with a topic (e.g. describe a good friend) and some suggestions |
you need to talk about the topic for 1-2 minutes | |
you have about one minute to write notes before you begin | |
Part 3 | the examiner will ask you more detailed and more abstract questions about the topic in Part 2 (e.g. How important is friendship?) |
4. Range Score dan Kriteria Penilaian IELTS Academic
source: https://ieltsliz.com/ielts-band-scores/ dan The Official Cambridge Guide to IELTS for Academic & General Training with Answers
Listening | Reading | ||
Correct Answers | Band Scores | Correct Answers | Band Scores |
39-40 | 9.0 | 39-40 | 9.0 |
37-38 | 8.5 | 37-38 | 8.5 |
35-36 | 8.0 | 35-36 | 8.0 |
32-34 | 7.5 | 33-34 | 7.5 |
30-31 | 7.0 | 30-32 | 7.0 |
26-29 | 6.5 | 27-29 | 6.5 |
23-25 | 6.0 | 23-26 | 6.0 |
18-22 | 5.5 | 19-22 | 5.5 |
16-17 | 5.0 | 15-18 | 5.0 |
13-15 | 4.5 | 13-14 | 4.5 |
11-12 | 4.0 | 10-12 | 4.0 |
9-10 | 3.5 | 8-9 | 3.5 |
5-8 | 3.0 | 6-7 | 3.0 |
Writing | |
Task Achievement (Task 1) (25%) | Presenting accurate information |
Providing an overview | |
Highlighting key features / stages | |
Supporting detail with data | |
Task Response (Task 2) (25%) | Addressing the task (answering the questions) |
Giving relevant main points which are supported & developed | |
Giving a clear position (stating an opinion when asked) | |
Providing a conclusion | |
Coherence and Cohesion (25%) | Organising information / ideas into paragraphs |
Having one central idea in each paragraph (Task 2) | |
Using a range of linking devices | |
Lexical Resource (25%) | Using a range of words & paraphrasing |
Using collocations | |
Spelling | |
Avoid errors | |
Grammatical Range and Accuracy (25%) | Using a range of sentence structures |
Using a range of grammar tenses | |
Punctuation | |
Avoiding errors |
Speaking | |
Fluency (25%) | Talking at length |
Talking without pauses or hesitations | |
Talking without self-correction | |
Able to be understood | |
Using linking devices | |
Lexical Resource (25%) | Using a range of words |
Using collocations | |
Using less common vocabulary | |
Avoiding errors | |
Grammar Range & Accuracy (25%) | Using a range of sentence structures |
Using a range of grammar tenses | |
Avoiding errors | |
Pronunciation (25%) | Able to be understood throughout the test |
Able to use intonation | |
Accent does not affect understanding | |
Accurate word and sound pronunciation |
IELTS overall band score explanation | ||
---|---|---|
Band Scores | Skill Level | Explanation |
9.0 | Expert User | Has fully operational command of the language: appropriate, accurate and fluent with complete understanding |
8.0 | Very Good User | Has fully operational command of the language with only occasional unsystematic inaccuracies and inappropriacies. Misunderstandings may occur in unfamiliar situations. Handles complex detailed argumentation well |
7.0 | Good User | Has operational command of the language, though with occasional inaccuracies, inappropriacies and misunderstandings in some situations. Generally handles complex language well and understands detailed reasoning |
6.0 | Competent User | Has generally effective command of the language despite some inaccuracies, inappropriacies and misunderstandings. Can use and understand fairly complex language, particularly in familiar situations |
5.0 | Modest User | Has partial command of the language, coping with overall meaning in most situations, though is likely to make many mistakes. Should be able to handle basic communication in own field |
4.0 | Limited User | Basic competence is limited to familiar situations. Has frequent problems in understanding and expression. Is not able to use complex language |
3.0 | Extremely Limited User | Conveys and understands only general meaning in very familiar situations. Frequent breakdowns in communication occur |
2.0 | Intermittent User | No real communication is possible except for the most basic information using isolated words or short formulae in familiar situations and to meet immediate needs. Has great difficulty understanding spoken and written English |
1.0 | Non User | Essentially has no ability to use the language beyond possibly a few isolated words |
0.0 | Did not attempt the test | No assessable information provided |
5. Perhitungan Band Score IELTS
source: https://www.britishcouncil.org.tr/en/exam/ielts/calculator
Rumus dasar:
Aturan:
- jika overall score = x.25 atau x.75 maka dibulatkan ke atas. Misal 6.25 menjadi 6.5, dan 6.75 menjadi 7
- jika overall score < x.25 maka dibulatkan ke bawah. Misal 6.20 menjadi 6.0
- jika overall score > x.25 maka dibulatkan ke atas. Misal 6.30 menjadi 6.5
- jika overall score < x.75 maka dibulatkan ke bawah. Misal 6.70 menjadi 6.5
- jika overall score > x.75 maka dibulatkan ke atas. Misal 6.80 menjadi 7.0
Contoh: (listening (L), reading (R), writing (W), speaking (S))
- L: 6.5, R: 6.5, W: 6.0, S: 7.0. Rata-Rata = 6.250. Overall score = 6.5
- L: 4.0, R: 3.5, W: 4.0, S: 4.0. Rata-Rata = 3.875. Overall score = 4.0
- L: 6.5, R: 6.5, W: 5.5, S: 6.0. Rata-Rata = 6.125. Overall score = 6.0
6. Cara Daftar IELTS
Lembaga yang terpercaya untuk mengadakan tes IELTS adalah British Council dan IDP. Diluar dari 2 lembaga tersebut, sertifikat hasil tes IELTS (TRF / Test Report Form) patut diragukan.
Berikut pendaftaran secara umum dari 2 lembaga tersebut:
- Buat akun di website tersebut
- Book tes
- Pilih mau IELTS jenis apa, secara umum terbagi 3: IELTS Academic, IELTS General Training (GT), atau IELTS for UK Visas
- Pilih mau mengerjakan IELTS dimana, secara umum terbagi 2: IELTS in a test centre atau IELTS online. Saya sarankan pilih IELTS in a test centre karena jarang sekali universitas mau menerima hasil dari IELTS online (pengerjaan IELTS secara online di rumah / di manapun)
- Pilih negara Indonesia dan kota terdekat
- Centang "I have accessibility needs for the test date" jika kamu berkebutuhan khusus
- Pilih tipe pengerjaan IELTS, secara umum terbagi 2: IELTS on paper (IELTS PBT) atau IELTS on computer at the test centre (IELTS CDT). Saya sarankan pilih IELTS CDT, alasannya sudah saya tulis di bagian perbedaan IELTS CDT dan PBT
- Pilih tanggal tes. Saya sarankan booking IELTS 2 minggu atau 1 bulan sebelumnya, karena jika booking 1 minggu sebelumnya biasanya kuota sudah habis
- Pilih jam, secara umum terdapat 2 format dalam 1 hari: listening, reading & writing kemudian speaking, atau speaking kemudian listening, reading & writing. Saya rekomendasikan pilih listening, reading & writing kemudian speaking, karena jam antara listening, reading & writing terpisah dari speaking maka dikhawatirkan jika mengambil speaking terlebih dahulu dan kalian merasa gagal di speaking (mental kalian jatuh), maka akan mempengaruhi 3 tes (listening, reading, writing) yang akan datang. Berbeda dengan sebaliknya. Tapi kembali lagi, tergantung seberapa kuat mental kalian
- Pilih mau tes speaking jenis apa, secara umum terbagi 2: video call at the test centre atau in-person. Baca pada bagian Perbedaan IELTS Speaking: video call at the test centre dan in-person untuk melihat perbedaannya
- Bayar tes 3 juta rupiah, selesai
7. Perbedaan IELTS CDT dan PBT
IELTS CDT (Computer-Delivered Test) dan IELTS PBT (Paper-Based Test) memiliki perbedaan utama di bagian listening, reading, dan writing. Harga tes tetap sama dan dilakukan di test centre IELTS di kota kalian, berbeda dengan IELTS online yang bisa dikerjakan dimanapun (namun banyak universitas yang tidak mau menerima hasil dari IELTS online). Beberapa perbedaan dari kedua jenis IELTS CDT dan PBT adalah sebagai berikut:
IELTS CDT
- soal dan jawaban listening, reading, dan writing dikerjakan di komputer
- kertas kosong dan pensil tetap diberikan, untuk coret-coret
- total waktu untuk listening, reading, dan writing ada pada layar komputer
- ada fitur "highlighter" warna kuning untuk menandai kata-kata yang penting
- ada fitur "note" untuk menulis catatan di layar komputer
- ada fitur "review" untuk menandakan jawaban yang ragu
- listening: menggunakan headset yang telah disediakan
- listening: waktu 2 menit tambahan di akhir audio listening, untuk mereview jawaban. Dari awal waktu ini sudah ditambahkan di layar, menjadi total sekitar 32 menit
- banyak suara gaduh / berisik ketika bagian reading karena banyak orang yang menggunakan fitur highlighter, dan juga pada bagian writing karena suara ketikan keyboard
- writing: terdapat fitur penghitung jumlah kata yang kita ketik
- Hasil tes / TRF (Test Report Form) keluar setelah 3-5 hari
IELTS PBT
- soal dan jawaban listening, reading dan writing dikerjakan di kertas
- listening: menggunakan speaker, 1 speaker untuk semua peserta
- listening: waktu 10 menit tambahan di akhir audio listening, untuk memindahkan jawaban ke lembar jawaban yang telah disediakan
- writing: tulisan harus bisa terbaca
- writing: menghitung manual jumlah kata yang kita tulis
- Hasil tes / TRF (Test Report Form) keluar setelah 13 hari
Terlihat jelas bahwa IELTS CDT lebih menguntungkan, apalagi ketika tes writing, karena terdapat penghitung jumlah kata. Tetapi kembali lagi ke diri kalian sendiri, apakah kalian mampu mengetik secara cepat menggunakan keyboard atau lebih nyaman menulis di kertas? apakah kalian lebih nyaman membaca tulisan di layar komputer atau di kertas? Jadi, tentukan sendiri jenis IELTS ternyaman menurutmu!
8. Perbedaan IELTS Speaking: video call at the test centre dan in-person
Kedua tes ini sama-sama dilakukan di test centre IELTS terdekat di kota kalian yang kalian pilih, dan tingkat kesulitan / bobot pertanyaan yang diberikan adalah sama. Namun, terdapat beberapa perbedaan, antara lain:
IELTS video call speaking test
- video call dengan penguji menggunakan komputer yang telah disediakan
- dilaksanakan sendirian di ruangan yang telah disediakan
- menggunakan headset yang telah disediakan
- speaking part 2: cue card ada di layar komputer. Disediakan juga pensil dan kertas
- jika masih ada corona: boleh lepas masker karena di ruangan sendirian
- jenis tes speaking ini menguntungkan untuk yang orang-orang yang grogian berhadapan dengan langsung dengan orang asing
- terdapat delay sekitar 1 detik (karena faktor sinyal), seperti delay antara pembawa acara di TV dengan reporter di jalanan. Jadi ekspresi penguji agak telat, dan terkadang peserta dan penguji saling bertabrakan ketika berbicara karena faktor delay ini
IELTS in-person speaking test
- berhadapan langsung dengan penguji
- jika masih ada corona: harus menggunakan masker dan terdapat kaca pelindung besar antara penguji dan peserta, terkadang hal ini yang membuat suara kita atau penguji tidak terdengar
Mana yang lebih baik? Menurut saya kedua jenis tes speaking ini tidak memiliki perbedaan yang cukup signifikan, jadi pilih yang benar-benar membuat kalian nyaman.
9. Hari-H IELTS
Berikut ini adalah hal-hal penting yang harus diperhatikan dan dibawa ketika sudah menginjak hari-H IELTS:
- Tidur yang cukup. Pengerjaan IELTS membutuhkan konsentrasi penuh
- Gunakan baju yang tebal / jaket, karena di dalam ruangan IELTS sangat dingin
- Bawa KTP / Passport
- Boleh membawa air mineral yang transparan (tidak boleh berwarna) dan label merek pada botol air mineral tersebut harus dicopot jika ada
- Tidak boleh membawa pulpen, penghapus, kertas kosong, tisu, dan lain-lain ke dalam ruangan selain kartu identitas (KTP / Passport) dan air mineral. Pengamanan IELTS super ketat
Saat tiba di lokasi / ruangan:
- kalian akan disapa oleh staff yang semuanya berbahasa inggris. Jangan kaget yaa!
- Staff akan melakukan registrasi ulang sebelum masuk ke ruangan ujian. Seperti pengecekan antara peserta dengan KTP / Passport yang dibawah (untuk menghindari adanya joki), memfoto peserta untuk sertifikat, menginput sidik jari, dan melakukan pengecekan barang bawaan peserta (kacamata, air mineral, dan lain-lain)
- Handphone harus dimatikan sebelum masuk ke ruangan ujian
- Semua barang bawaan dimasukkan ke loker yang sudah disediakan
- Hanya dua barang yang boleh dibawa masuk ke ruangan ujian, yaitu kartu identitas (KTP / Passport) dan air mineral
Jika semua hal sudah dicek dan dilakukan maka staff disana akan menyuruh kalian untuk masuk ke dalam ruangan tes listening, reading, dan writing (asumsikan kalian memilih format jam dengan tes speaking belakangan). Setelah selesai, maka akan ada waktu istirahat / jeda sebelum melanjutkan tes speaking, lamanya waktu istirahat / jeda ini tergantung dari jam speaking yang kalian pilih di awal ketika melakukan pendaftaran IELTS.