Strategi Belajar IELTS Otodidak untuk Pemula (Part 1)

Belajar bahasa inggris atau IELTS adalah perjalanan panjang, dari memahami kesalahan hingga mengubah kebiasaan. Artikel ini hadir untuk mengupas tuntas topik tersebut.

Sebagai gambaran, artikel ini cukup panjang, memuat hal yang umum hingga spesifik. Sehingga loading halaman yang terlalu lama menjadi masalah utama. Akhirnya, artikel ini harus dibagi menjadi beberapa part. Silahkan klik link-link berikut ini untuk mengakses part-part selanjutnya,

Part 2
Part 3
Part 4

Apakah kopimu masih hangat? Mari kita mulai perjalanan ini!

Disclaimer:

  1. IELTS yang saya bahas disini adalah IELTS Academic, bukan IELTS General Training
  2. Ini adalah cara/trik/rekomendasi berdasarkan pengalaman pribadi, berhasil atau tidaknya tergantung dari diri kamu sendiri

1. Apa itu IELTS?

IELTS adalah kepanjangan dari International English Language Testing System. Sesuai namanya, tes ini digunakan untuk menguji kemampuan bahasa inggris yang kita miliki. Biasanya orang-orang yang mengambil tes ini memiliki tujuan untuk sekolah atau kerja di luar negeri. Harga tes IELTS adalah sebesar Rp 3.000.000 (tiga juta rupiah) per desember tahun 2022, harga pada tahun-tahun sebelumnya sekitar 2,9 juta rupiah.

IELTS menguji 4 level kemampuan bahasa inggris yang kita miliki, yaitu listening, reading, writing, dan speaking. IELTS PBT (Paper-Based Test) / CDT (Computer-Delivered Test) dan TOEFL IBT (Internet-Based Test) memiliki tipe ujian dan harga yang sama, kecuali TOEFL PBT, yang hanya menguji 3 level kemampuan bahasa inggris saja, yaitu listening, reading, dan writing, dengan harga sekitar Rp 500.000 (lima ratus ribu rupiah).

Berdasarkan kepentingannya, IELTS terbagi menjadi 2 jenis, yaitu IELTS Academic dan General Training (GT). Hasil dari IELTS Academic biasa digunakan sebagai syarat kuliah / kursus (short course) di luar negeri, oleh sebab itu tes ini memuat seputar masalah-masalah yang ada di lingkungan akademik. Sedangkan hasil dari IELTS GT biasa digunakan sebagai syarat bekerja atau tinggal di negara berbahasa inggris, sehingga tes ini memuat seputar masalah-masalah yang ada di lingkungan sosial.

Artikel ini hanya memuat informasi-informasi seputar IELTS Academic saja, karena saya hanya memiliki pengalaman di tes ini.

2. Gambaran Umum Tipe Soal IELTS Academic

source: The Official Cambridge Guide to IELTS for Academic & General Training with Answers

Urutan Tes
1. Listening (40 soal, 30 menit)
Part I10 pertanyaantopik tentang kebutuhan-kebutuhan sosial
percakapan antara 2 orang
Part II10 pertanyaan
monolog (1 orang)
Part III10 pertanyaantopik tentang akademik / pendidikan
percakapan hingga 4 orang
Part IV10 pertanyaan
monolog (1 orang)
untuk IELTS CDTtambahan 2 menit di akhiruntuk mereview seluruh jawaban
untuk IELTS PBTtambahan 10 menit di akhiruntuk memindahkan jawaban ke lembar jawaban
2. Reading (40 soal, 60 menit)
Passage 113/14 pertanyaanrekomendasi: selesaikan selama 15 menit
Passage 213/14 pertanyaanrekomendasi: selesaikan selama 20 menit
Passage 313/14 pertanyaanrekomendasi: selesaikan selama 25 menit
waktu rekomendasi tersebut adalah preferensi saya, karena tingkat kesulitan passage I > passage II > passage III. Namun, petunjuk IELTS menyarankan setiap passage diselesaikan selama 20 menit
3. Writing (2 task, 60 menit) [Jawab dengan bahasa Formal]
Task 1harus menulis di atas 150 katarekomendasi: tulis sebanyak 170-190 kata dan selesaikan dalam 20 menit
Task 2harus menulis di atas 250 katarekomendasi: tulis sebanyak 270-290 kata dan selesaikan dalam 40 menit
Task 2 bobot nilainya dua kali lebih besar daripada Task 1 dan jauh lebih sulit
4. Speaking (3 part, 11-14 menit) [Jawab dengan bahasa Informal]
Part I4-5 menitrekomendasi: jawab 2-3 kalimat
Part IIMenulis ide selama 1 menitrekomendasi: bicara sampai waktu habis
Berbicara 1-2 menit
Penguji biasanya bertanya 1-2 pertanyaan terkait topik / cue card yang diberikanrekomendasi: jawab 2-3 kalimat
Part III4-5 menitrekomendasi: jawab yang panjang sampai distop oleh penguji
Diskusi tentang topik yang lebih abstrak yang biasanya berhubungan dengan topik / cue card yang diberikan pada part II

3. Gambaran Spesifik Tipe Soal IELTS Academic

source: The Official Cambridge Guide to IELTS for Academic & General Training with Answers

Listening
1notes / summary / table / flow-chart completioncomplete notes / a summary / table / flow-chart with a suitable word or words within the word limit given
2multiple choicechoose one answer from alternatives A-C
choose two answers from alternatives A-E
3short-answer questionsanswer questions in the word limit given
4sentence completioncomplete a sentence with a suitable word or words within the word limit given
5labelling a diagram, plan, or maplabel a diagram/plan or map with a suitable word (or words) or by choosing from a box of possible answers
6classificationclassify the information given in the question according to three different criteria (A, B or C). These may be dates, names, types, etc.
7matchingmatch a list of statements to a list of possible answers in a box (e.g. people, theories or dates)
Reading
1multiple choicechoose one answer from alternatives A-D
choose two answers from alternatives A-E
choose three answers from alternatives A-G
2identifying information (T/F/NG)say whether a statement is True, False, or Not Given
3identifying the writer's views/claims (Y/N/NG)say whether a statement agrees with claims or views (Yes), disagrees with the views/claims (No) or whether there is no information on this (Not Given)
4matching informationmatch information to a paragraph in the text
5matching headingsmatch a heading from a list of possible answers to the correct paragraph or section of the text
6matching featuresmatch a list of statements to a list of possible answers in a box (e.g. specific people or theories or dates)
7matching sentence endingscomplete a sentence by choosing a suitable ending from a box of possible answers
8sentence completioncomplete a sentence with a suitable word or words from the text within the word limit given
9notes / summary / table / flow-chart completioncomplete notes / a summary / a table / flow-chart with a suitable word (or words) from a text
10labelling a diagramlabel a diagram with a suitable word (or words) from the text or from a box of possible answers
11short-answer questionsanswer questions using words from the text
Writing Task I
1Bar chart
2Pie chart
3Map
4Line Graph
5Table
6Process diagram
7Combination
Writing Task II
1Agree / Disagree
2To what extent do you agree / disagree
3Advantage / Disadvantage
4Cause-Solutions
5Direct Questions
6Both Sides
Speaking
Part 1questions on familiar topics (e.g. hobbies, likes and dislikes, etc.)
Part 2you will be given a booklet with a topic (e.g. describe a good friend) and some suggestions
you need to talk about the topic for 1-2 minutes
you have about one minute to write notes before you begin
Part 3the examiner will ask you more detailed and more abstract questions about the topic in Part 2 (e.g. How important is friendship?)

4. Range Score dan Kriteria Penilaian IELTS Academic

source: https://ieltsliz.com/ielts-band-scores/ dan The Official Cambridge Guide to IELTS for Academic & General Training with Answers

ListeningReading
Correct AnswersBand ScoresCorrect AnswersBand Scores
39-409.039-409.0
37-388.537-388.5
35-368.035-368.0
32-347.533-347.5
30-317.030-327.0
26-296.527-296.5
23-256.023-266.0
18-225.519-225.5
16-175.015-185.0
13-154.513-144.5
11-124.010-124.0
9-103.58-93.5
5-83.06-73.0
Writing
Task Achievement (Task 1) (25%)Presenting accurate information
Providing an overview
Highlighting key features / stages
Supporting detail with data
Task Response (Task 2) (25%)Addressing the task (answering the questions)
Giving relevant main points which are supported & developed
Giving a clear position (stating an opinion when asked)
Providing a conclusion
Coherence and Cohesion (25%)Organising information / ideas into paragraphs
Having one central idea in each paragraph (Task 2)
Using a range of linking devices
Lexical Resource (25%)Using a range of words & paraphrasing
Using collocations
Spelling
Avoid errors
Grammatical Range and Accuracy (25%)Using a range of sentence structures
Using a range of grammar tenses
Punctuation
Avoiding errors
Speaking
Fluency (25%)Talking at length
Talking without pauses or hesitations
Talking without self-correction
Able to be understood
Using linking devices
Lexical Resource (25%)Using a range of words
Using collocations
Using less common vocabulary
Avoiding errors
Grammar Range & Accuracy (25%)Using a range of sentence structures
Using a range of grammar tenses
Avoiding errors
Pronunciation (25%)Able to be understood throughout the test
Able to use intonation
Accent does not affect understanding
Accurate word and sound pronunciation
IELTS overall band score explanation
Band ScoresSkill LevelExplanation
9.0Expert UserHas fully operational command of the language: appropriate, accurate and fluent with complete understanding
8.0Very Good UserHas fully operational command of the language with only occasional unsystematic inaccuracies and inappropriacies. Misunderstandings may occur in unfamiliar situations. Handles complex detailed argumentation well
7.0Good UserHas operational command of the language, though with occasional inaccuracies, inappropriacies and misunderstandings in some situations. Generally handles complex language well and understands detailed reasoning
6.0Competent UserHas generally effective command of the language despite some inaccuracies, inappropriacies and misunderstandings. Can use and understand fairly complex language, particularly in familiar situations
5.0Modest UserHas partial command of the language, coping with overall meaning in most situations, though is likely to make many mistakes. Should be able to handle basic communication in own field
4.0Limited UserBasic competence is limited to familiar situations. Has frequent problems in understanding and expression. Is not able to use complex language
3.0Extremely Limited UserConveys and understands only general meaning in very familiar situations. Frequent breakdowns in communication occur
2.0Intermittent UserNo real communication is possible except for the most basic information using isolated words or short formulae in familiar situations and to meet immediate needs. Has great difficulty understanding spoken and written English
1.0Non UserEssentially has no ability to use the language beyond possibly a few isolated words
0.0Did not attempt the testNo assessable information provided

5. Perhitungan Band Score IELTS

source: https://www.britishcouncil.org.tr/en/exam/ielts/calculator

Rumus dasar:

IELTS overall band score = (listening score + reading score + writing score + speaking score) / 4

Aturan:

  • jika overall score = x.25 atau x.75 maka dibulatkan ke atas. Misal 6.25 menjadi 6.5, dan 6.75 menjadi 7
  • jika overall score < x.25 maka dibulatkan ke bawah. Misal 6.20 menjadi 6.0
  • jika overall score > x.25 maka dibulatkan ke atas. Misal 6.30 menjadi 6.5
  • jika overall score < x.75 maka dibulatkan ke bawah. Misal 6.70 menjadi 6.5
  • jika overall score > x.75 maka dibulatkan ke atas. Misal 6.80 menjadi 7.0

Contoh: (listening (L), reading (R), writing (W), speaking (S))

  • L: 6.5, R: 6.5, W: 6.0, S: 7.0. Rata-Rata = 6.250. Overall score = 6.5
  • L: 4.0, R: 3.5, W: 4.0, S: 4.0. Rata-Rata = 3.875. Overall score = 4.0
  • L: 6.5, R: 6.5, W: 5.5, S: 6.0. Rata-Rata = 6.125. Overall score = 6.0

6. Cara Daftar IELTS

Lembaga yang terpercaya untuk mengadakan tes IELTS adalah British Council dan IDP. Diluar dari 2 lembaga tersebut, sertifikat hasil tes IELTS (TRF / Test Report Form) patut diragukan.

Berikut pendaftaran secara umum dari 2 lembaga tersebut:

  1. Buat akun di website tersebut
  2. Book tes
  3. Pilih mau IELTS jenis apa, secara umum terbagi 3: IELTS Academic, IELTS General Training (GT), atau IELTS for UK Visas
  4. Pilih mau mengerjakan IELTS dimana, secara umum terbagi 2: IELTS in a test centre atau IELTS online. Saya sarankan pilih IELTS in a test centre karena jarang sekali universitas mau menerima hasil dari IELTS online (pengerjaan IELTS secara online di rumah / di manapun)
  5. Pilih negara Indonesia dan kota terdekat
  6. Centang "I have accessibility needs for the test date" jika kamu berkebutuhan khusus
  7. Pilih tipe pengerjaan IELTS, secara umum terbagi 2: IELTS on paper (IELTS PBT) atau IELTS on computer at the test centre (IELTS CDT). Saya sarankan pilih IELTS CDT, alasannya sudah saya tulis di bagian perbedaan IELTS CDT dan PBT
  8. Pilih tanggal tes. Saya sarankan booking IELTS 2 minggu atau 1 bulan sebelumnya, karena jika booking 1 minggu sebelumnya biasanya kuota sudah habis
  9. Pilih jam, secara umum terdapat 2 format dalam 1 hari: listening, reading & writing kemudian speaking, atau speaking kemudian listening, reading & writing. Saya rekomendasikan pilih listening, reading & writing kemudian speaking, karena jam antara listening, reading & writing terpisah dari speaking maka dikhawatirkan jika mengambil speaking terlebih dahulu dan kalian merasa gagal di speaking (mental kalian jatuh), maka akan mempengaruhi 3 tes (listening, reading, writing) yang akan datang. Berbeda dengan sebaliknya. Tapi kembali lagi, tergantung seberapa kuat mental kalian
  10. Pilih mau tes speaking jenis apa, secara umum terbagi 2: video call at the test centre atau in-person. Baca pada bagian Perbedaan IELTS Speaking: video call at the test centre dan in-person untuk melihat perbedaannya
  11. Bayar tes 3 juta rupiah, selesai

7. Perbedaan IELTS CDT dan PBT

IELTS CDT (Computer-Delivered Test) dan IELTS PBT (Paper-Based Test) memiliki perbedaan utama di bagian listening, reading, dan writing. Harga tes tetap sama dan dilakukan di test centre IELTS di kota kalian, berbeda dengan IELTS online yang bisa dikerjakan dimanapun (namun banyak universitas yang tidak mau menerima hasil dari IELTS online). Beberapa perbedaan dari kedua jenis IELTS CDT dan PBT adalah sebagai berikut:

IELTS CDT

  1. soal dan jawaban listening, reading, dan writing dikerjakan di komputer
  2. kertas kosong dan pensil tetap diberikan, untuk coret-coret
  3. total waktu untuk listening, reading, dan writing ada pada layar komputer
  4. ada fitur "highlighter" warna kuning untuk menandai kata-kata yang penting
  5. ada fitur "note" untuk menulis catatan di layar komputer
  6. ada fitur "review" untuk menandakan jawaban yang ragu
  7. listening: menggunakan headset yang telah disediakan
  8. listening: waktu 2 menit tambahan di akhir audio listening, untuk mereview jawaban. Dari awal waktu ini sudah ditambahkan di layar, menjadi total sekitar 32 menit
  9. banyak suara gaduh / berisik ketika bagian reading karena banyak orang yang menggunakan fitur highlighter, dan juga pada bagian writing karena suara ketikan keyboard
  10. writing: terdapat fitur penghitung jumlah kata yang kita ketik
  11. Hasil tes / TRF (Test Report Form) keluar setelah 3-5 hari

IELTS PBT

  1. soal dan jawaban listening, reading dan writing dikerjakan di kertas
  2. listening: menggunakan speaker, 1 speaker untuk semua peserta
  3. listening: waktu 10 menit tambahan di akhir audio listening, untuk memindahkan jawaban ke lembar jawaban yang telah disediakan
  4. writing: tulisan harus bisa terbaca
  5. writing: menghitung manual jumlah kata yang kita tulis
  6. Hasil tes / TRF (Test Report Form) keluar setelah 13 hari

Terlihat jelas bahwa IELTS CDT lebih menguntungkan, apalagi ketika tes writing, karena terdapat penghitung jumlah kata. Tetapi kembali lagi ke diri kalian sendiri, apakah kalian mampu mengetik secara cepat menggunakan keyboard atau lebih nyaman menulis di kertas? apakah kalian lebih nyaman membaca tulisan di layar komputer atau di kertas? Jadi, tentukan sendiri jenis IELTS ternyaman menurutmu!

8. Perbedaan IELTS Speaking: video call at the test centre dan in-person

Kedua tes ini sama-sama dilakukan di test centre IELTS terdekat di kota kalian yang kalian pilih, dan tingkat kesulitan / bobot pertanyaan yang diberikan adalah sama. Namun, terdapat beberapa perbedaan, antara lain:

IELTS video call speaking test

  1. video call dengan penguji menggunakan komputer yang telah disediakan
  2. dilaksanakan sendirian di ruangan yang telah disediakan
  3. menggunakan headset yang telah disediakan
  4. speaking part 2: cue card ada di layar komputer. Disediakan juga pensil dan kertas
  5. jika masih ada corona: boleh lepas masker karena di ruangan sendirian
  6. jenis tes speaking ini menguntungkan untuk yang orang-orang yang grogian berhadapan dengan langsung dengan orang asing
  7. terdapat delay sekitar 1 detik (karena faktor sinyal), seperti delay antara pembawa acara di TV dengan reporter di jalanan. Jadi ekspresi penguji agak telat, dan terkadang peserta dan penguji saling bertabrakan ketika berbicara karena faktor delay ini

IELTS in-person speaking test

  1. berhadapan langsung dengan penguji
  2. jika masih ada corona: harus menggunakan masker dan terdapat kaca pelindung besar antara penguji dan peserta, terkadang hal ini yang membuat suara kita atau penguji tidak terdengar

Mana yang lebih baik? Menurut saya kedua jenis tes speaking ini tidak memiliki perbedaan yang cukup signifikan, jadi pilih yang benar-benar membuat kalian nyaman.

9. Hari-H IELTS

Berikut ini adalah hal-hal penting yang harus diperhatikan dan dibawa ketika sudah menginjak hari-H IELTS:

  • Tidur yang cukup. Pengerjaan IELTS membutuhkan konsentrasi penuh
  • Gunakan baju yang tebal / jaket, karena di dalam ruangan IELTS sangat dingin
  • Bawa KTP / Passport
  • Boleh membawa air mineral yang transparan (tidak boleh berwarna) dan label merek pada botol air mineral tersebut harus dicopot jika ada
  • Tidak boleh membawa pulpen, penghapus, kertas kosong, tisu, dan lain-lain ke dalam ruangan selain kartu identitas (KTP / Passport) dan air mineral. Pengamanan IELTS super ketat

Saat tiba di lokasi / ruangan:

  • kalian akan disapa oleh staff yang semuanya berbahasa inggris. Jangan kaget yaa!
  • Staff akan melakukan registrasi ulang sebelum masuk ke ruangan ujian. Seperti pengecekan antara peserta dengan KTP / Passport yang dibawah (untuk menghindari adanya joki), memfoto peserta untuk sertifikat, menginput sidik jari, dan melakukan pengecekan barang bawaan peserta (kacamata, air mineral, dan lain-lain)
  • Handphone harus dimatikan sebelum masuk ke ruangan ujian
  • Semua barang bawaan dimasukkan ke loker yang sudah disediakan
  • Hanya dua barang yang boleh dibawa masuk ke ruangan ujian, yaitu kartu identitas (KTP / Passport) dan air mineral

Jika semua hal sudah dicek dan dilakukan maka staff disana akan menyuruh kalian untuk masuk ke dalam ruangan tes listening, reading, dan writing (asumsikan kalian memilih format jam dengan tes speaking belakangan). Setelah selesai, maka akan ada waktu istirahat / jeda sebelum melanjutkan tes speaking, lamanya waktu istirahat / jeda ini tergantung dari jam speaking yang kalian pilih di awal ketika melakukan pendaftaran IELTS.

Creative License
by-sa logo license
Konten/Material pada halaman ini dilisensikan dengan Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License oleh psi. Klik link berikut untuk memahami aturan penggunaan ulang material pada blog Hipolisis.