Ilmu Berdaging

Halo! Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi gagasan yang saya miliki tentang ilmu berdaging

Apa sih itu 'ilmu berdaging'?

Ilmu Berdaging (IB) adalah ilmu yang sangat penting dan langka untuk mempelajari sesuatu hal, apapun itu. Ilmu ini seperti 'kunci' untuk membuka sebuah pintu tetapi kunci ini jarang sekali diberi tahu keberadaannya dan sulit untuk ditemukan, sehingga kadang kita harus berusaha mendorong pintu yang terkunci itu sampai terbuka tanpa sebuah kunci.

Contoh kasus IB,
Ketika kita ingin mengetahui 'cara belajar yang efektif' kemudian kita tanyakan pada orang yang sering juara 1 di kelas atau yang sering memenangkan lomba olimpiade, maka ada 2 kemungkinan jawaban yang akan dia berikan:

kunci dari ilmu berdaging
Gambar 1. Kunci dari ilmu berdaging

Jawaban Tipe I (ilmu dangkal)
'Caranya gampang, saya belajar 12 jam setiap hari, sering begadang, fokus, dan selalu disiplin menjalani target'

Pertanyaan saya selanjutnya adalah, apakah anda puas mendapatkan jawaban seperti itu ? saya rasa itu adalah informasi yang tidak berguna sama sekali, semua orang sudah tahu jawaban seperti itu. Jauhi orang yang seperti itu, karena kalau jawaban dia seperti itu maka dia menganggap bahwa anda akan menjadi saingannya, sehingga dia tidak mau berbagi IB nya. Dan tentu ini hal yang wajar, saya pun kadang seperti itu, karna pada kondisi tertentu saya mengetahui kalau dia akan menjadi saingan saya.

Bagaimana langkah selanjutnya?
Yaitu dengan membuat IB itu sendiri (membuat kunci sendiri untuk membuka sebuah pintu). Proses pembuatan kunci ini sangatlah memakan banyak waktu tetapi ketika anda berhasil membuatnya, anda akan terlatih untuk membuat sebuah kunci sendiri dan membuka pintu-pintu yang lainnya atau anda menjadi satu-satunya orang yang dapat membuka pintu-pintu itu dengan mudah, sedangkan orang lain bersusah payah membukanya tanpa sebuah kunci dengan mendobrak pintu tersebut sampai terbuka.

Membuat IB adalah hal yang menyenangkan apalagi dapat menyaingi IB orang lain dalam mencapai tujuan yang sama. Misal tujuan anda adalah ingin membuat bakso yang sangat enak sehingga banyak pengunjung yang berdatangan dan langganan. Tentu anda tidak akan mendapatkan IB pada penjual bakso di seberang sana, karena dia mengetahui bahwa anda akan menjadi saingannya kelak, tentu pada kondisi ini dia enggan berbagi.

Jawaban Tipe II (ilmu berdaging)
'Saya menggunakan beberapa tahapan dalam belajar, seperti menulis, menghafalkan, dan mengajarkan orang itu seperti mengajarkan pada seorang bayi. Pada tahapan menulis saya biasa meringkas sesuatu yang sudah saya baca dengan sedetail dan semudah mungkin, sehingga ketika saya mau mereview nya saya tidak memerlukan banyak waktu untuk mulai memahaminya lagi ......'

Itu adalah contoh IB, biasanya orang yang memberikan ilmu ini tidak menganggap bahwa anda adalah saingannya, jadi dia rela memberikan IB nya. Jawaban IB cirinya adalah sangatlah mendetail dan langka untuk diketahui.

Sekian,
Terima kasih sudah membaca ∼

Creative License
by-sa logo license
Konten/Material pada halaman ini dilisensikan dengan Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License oleh psi. Klik link berikut untuk memahami aturan penggunaan ulang material pada blog Hipolisis.