Pemendek Kalimat

Hola! Hari ini saya akan berbagi gagasan yang saya miliki tentang pemendek kalimat atau yang biasa disebut dengan 'istilah', seberapa penting sih penggunaan 'istilah' ini?
Jawaban singkatnya adalah sangat penting.

Istilah biasa digunakan untuk menunjukkan tingkat ke-intelektualan yang dimiliki seseorang pada bidang tertentu. Semakin banyak istilah yang digunakan semakin banyak literatur yang dia baca, tetapi pernyataan ini bisa dibantah, karena terkadang ketika kita sering menggunakan istilah, hal ini bisa membuat kita lupa terhadap makna asli dibalik istilah tersebut.

Istilah juga sering digunakan untuk mendeskripsikan peristiwa yang terjadi, terkadang karena keterbatasan kosa-kata pada suatu bahasa, para filsuf biasanya mendeskripsikan peristiwa tersebut tanpa sebuah istilah, sebab maknanya akan sangat berbeda jika menggunakan istilah yang sudah ada.

Contoh istilah,
Bolehkah saya meminjam 'benda yang berukuran 30 cm dengan ketelitian 0,1 cm yang biasa digunakan untuk mengukur panjang/lebar/tinggi suatu benda' yang ada di sampingmu?
Istilahnya adalah 'Penggaris'

Roket biasa menggunakan Gyroscope ketika bernavigasi di luar angkasa karena luar angkasa sebagian besar terdiri dari ruang hampa, dan akan menghabiskan banyak biaya jika bernavigasi menggunakan beberapa propulsion roket kecil.

Ada beberapa istilah yang saya gunakan untuk mendeskripsikan suatu objek/peristiwa pada kalimat di atas, sehingga orang awam sulit untuk memahaminya, seperti Gyroscope, ruang hampa, dan propulsion.

Inilah yang dimaksud dengan 'istilah' untuk menunjukkan tingkat keintelektualan seseorang pada bidang tertentu.

Saya sendiri yang menggeluti bidang fisika jarang menggunakan istilah-istilah fisika ketika berdiskusi mengenai fenomena fisika dengan orang awam, sehingga saya harus menyamakan 'frekuensi' dengan orang tersebut. Saya lebih sering menggunakan 'Teknik Feynman' (yaitu teknik menjelaskan sesuatu hal dengan sedetail dan se-'dasar' mungkin seperti menjelaskannya pada anak bayi) ketika berdiskusi, tetapi jika lawan bicara saya memiliki tingkat intelegensi yang cukup tinggi, saya jarang menggunakan teknik ini karena terlalu memakan banyak waktu untuk menjelaskannya. Ya, benar, istilah juga digunakan untuk memendekkan waktu ketika berdiskusi.

kutipan richard feynman
Gambar 1. Kutipan Richard Feynman
*Richard Feynman adalah seorang fisikawan hebat,
dia sering dijuluki sebagai 'The Great Explainer'

Sampai jumpa di pembahasan lain ...

Creative License
by-sa logo license
Konten/Material pada halaman ini dilisensikan dengan Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License oleh psi. Klik link berikut untuk memahami aturan penggunaan ulang material pada blog Hipolisis.